Skip to main content

PERKEMBANGAN KOMPUTER GENERASI 1 SAMPAI 5

1. GENERASI PERTAMA


Awal mulanya komputer pada generasi pertama ini adalah saat terjadi perang dunia kedua, negara-negara yang ikut terlibat dalam perang dunia itu berusaha mengembangkan komputer untuk memaksimalkan kemampuan dalam mengatur strategis yang dimmiliki oleh komputer. Hal iini mempengaruni peningkatan pendanaan pengembangan komputer juga ikut serta mempercepat pertumbuhan kemajuan teknik komputer. Tahun 1941, seorang insinyu Jerman bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan juga peluru kendali.



Komputer generasi pertama dikarakteristikan dengan fakta bahwa intruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “Bahasa Mesin” (Machine Language). Hal ini menyrbabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer henerasi pertama adalah menggunalan tube vacum (yang mebuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan dilinfer magnetik untuk penyimpanan data

2. Generasi Kedua
Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga berdampak pada perubahan ukuran mesin-mesin elektrik yang pada awalnya memiliki ukuran yang besar menjadi ukuran yang lebih kecil.

 
 

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja komputer dengan harga yang pantas bagi penggunaan komputer untuk bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu.

Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language disingkat COBOL dan Formula Translator disingkat FORTRAN, telah mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. kemudian muncullah Berbagai macam karir baru di bidang komputer seperti programmer, analyst, teknisi komputer dan lain-lain. Industri perangkat lunak pun juga mulai bermunculan dan berkembang pada generasi kedua komputer ini.

 
3. Generasi Ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. 

IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.

Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip.Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
 

4. Generasi Keempat
 

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.


 Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. 

Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram
 

5. Generasi Kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsing yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.

Comments

Popular posts from this blog

DATABASE : Perbedaan Type Data VARCHAR dan TEXT

Menjelang UAS Database Semester 5 .. Type data dalam database, apa perbedaan type data VARCHAR dan TEXT dalam database Penggunaan type data sebenarnya bebas tergantung kebutuhan, tapi tetap pengetahuan harus jadi pedoman. Siapapun yang membuat aplikasi, pasti ingin aplikasi nya berjaya dalam waktu yang lama. Dalam menggunakan database, pastikan kita membuat type data yang sesuai, benar-benar sesuai. Tujuan nya supaya penggunaan memory pada server sesuai dengan keadaan sebenarnya, alias balance agar tidak terlalu boros memory dan lebih ringan. Jadi, perbedaan varchar dan text, terletak pada memory yang di gunakan. Misalnya kita membuat sebuah tabel, salah satu entitasnya memiliki type data varchar(25) . 25 adalah batasan panjang atau banyaknya karakter dalam value Kemudian kita meng-inputkan data dengan panjang kurang dari 25, misalnya 7. Maka data yang di simpan ke database adalah hanya 7. Berbeda dengan text, jika kita punya entitas dengan type data tex

PERBEDAAN ETIKA, MORAL, DAN HUKUM

ETIKA Menurut para ahli maka  etika  tidak lain adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Perkataan  etika   atau lazim juga disebut etik, berasal dari kata Yunani ETHOS yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik. Menurut saya etika adalah ukuran dari sebuah tingkah laku seorang individu yang berlaku di masyarakat, yang biasa digunakan dalam pergaulan dan menunjukan hal-hal atau perilaku yang baik dalam pergaulan tersebut. MORAL Moral adalah nilai yang berlaku sehingga menimbulkan baik dan buruk suatu tindakan dengan tidak merugikan orang lain berdasarkan nurani diri. Nilai moral dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu ajaran agama, adat istiadat dan ideologi. Menurut saya moral adalah suatu hal baik atau nilai positif yang ada dalam diri tiap individu yang mendasari sebuah perilaku di masyarakat. HUKUM Hukum adalah peratura

KOKIA - Arigatou (Terjemahan Translate Indonesia)

  KOKIA - Arigatou (KOKIA - Terima kasih) Daremo ga kizukanu uchi ni  (semua orang kehilangan sesuatu) Nanika wo ushinatte iru  (sebelum mereka menyadarinya) Futto kizukeba anata wa inai  (aku tiba-tiba menyadari bahwa kau telah pergi) Omoide dake wo nokoshite  ( hanya meninggalkan kenangan) Shiawase toki no naka kotoba wo ushinatta  (di tengah kebahagiaan, kita kehilangan kata-kata) Ningyoutachi no you ni  (seperti sebuah boneka) Machikado ni afureta noraneko no you ni  (seperti kucing hilang di ujung jalan) Koe ni naranai sakebi ga kikoete kuru (aku mendengar jeritan bisu) Moshimo mou ichido anata ni aeru nara  (jika aku bisa melihatmu sekali lagi) Tatta hitokoto tsutaetai arigatou, arigatou  (aku hanya ingin mengatakan satu kata terima kasih, terima kasih) Toki ni wa kizu tsukeattemo  (bahkan jika suatu saat aku terluka) Anata wo kanjite itai  (aku ingin tetap merasakan dirimu) Omoide wa semete mono nagusame  (setidaknya aku punya kenangan unt