Skip to main content

KARAKTERISTIK PERANGKAT JARINGAN


PERANGKAT JARINGAN

Dalam jaringan komputer tentunya terdapat perangkat keras jaringanselain komputer yang diperlukan untuk membentuk sebuah jaringan perangkat – perangkat tersebut akan dibahas di bawah seperti berikut :
Perangkat yang digunakan untuk interkoneksi pada LAN, tergolong pada tiga jenis, yaitu Hub, Switch dan Bridge, walaupun secara kinerja Hub dan Swicth dapat dikategorikan pada bridge.


· BRIDGE
Bridge adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan antar host/terminal jaringan secara fisik dapat menghubungkan media wireline dengan sesama wireline atau dengan media wireless, sehingga apabila dilihat dari model referensi TCP/IP, perangkat ini bekerja di lapisan fisik.


· HUB
Saat ini hub tidak banyak digunakan, karena fungsinya, bahkan yang lebih baik (secara teknis) telah ditawarkan oleh perangkat lain seperti switch. Dari sisi ekonomis-pu
n switch mempunyai harga yang bersaing dengan hub.

· SWITCH
Bentuknya sangat sulit dibedakan dengan hub, karena keduanya mempunyai konfigurasi fisik yang sama. Perbedaannya terlihat dari unjuk kerjanya. Pada switch, jalur virtual akan terbentuk ketika dua port saling berkomunikasi, dan tidak akan mengganggu komunikasi antar port yang lain.
Perangkat yang digunakan untuk interkoneksi pada WAN diantaranya adalah Router, WAN Switching, Modem dan Server Komunikasi.




Berdasarkan fungsi satuan dari hardware/perangkat jaringan komputer, maka terdapat beberapa perangkat yang mempunyai dominasi penggunaan di lapangan, diantaranya adalah :

- Host
- NIC
- Modem
- Hub
- Switch
- Router
- Bridge
- Repeater
· Host

Host atau dalam beberapa penggunaan disebut terminal, adalah perangkat yang digunakan oleh user dalam menjalankan software aplikasi jaringan komputer. Biasanya digunakan Personal Komputer (PC) sebagai fungsi host. Spesifikasi yang dapat digunakan, mengharuskan penambahan peripheral, yaitu NIC (Network Interface Card) yang fungsinya adalah sebagai penghubung antara sistem kerja host dengan media trasmisi/network yang menghubungkan satu host dengan host lain.

· NIC
Untuk memfungsikan PC Stand Alone agar dapat berkomunikasi dengan PC yang lain, maka diperlukan Network Interface Card (NIC) untuk menghubungkan PC dengan media yang digunakan.

· MODEM
Perangkat modem ini merupakan salah satu jenis bridge, yaitu perangkat yang bekerja untuk menghubungkan computer personal dengan atau pada media yang berbeda,. Perangkat ini adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk koneksi Wide Area Network (WAN).
Karakteristik fisik dari Modem tergantung dari dua hal, yaitu :
1. Interkoneksi dengan PC.
2. Media yang digunakan untuk interkoneksinya (lihat imterkoneksi bridge berdasarkan media)
Untuk fungsi Interkoneksi dengan PC, dikenal Modem Internal dan Modem Eksternal.
Modem internal adalah modem yang mempunyai interkoneksi dengan PC menggunakan Slot ekspansi (ISA atau PCI), sehingga secara fisik berada di dalam casing PC, terlihat sebagai satu sub fungsi dari PC.Pada motherboard jenis-jenis terakhir, modemnya sudah terpasang pada motherboard. Modem Eksternal secara fisik terpisah dari PC. Modem jenis ini terhubung dengan PC dengan menggunakan interface seperti interface serial, USB, bahkan NIC.

· PCMCIA
PCMCIA saat ini banyak diimplementasikan pada laptop sedangkan era sebelumnya PCMCIA dapat juga dipasangkan pada komputer personal, dengan bantuan interface tambahan dengan koneksi pada slot ekspansi ISA/PCI PCMCIA Adaptor, yang memfasilitasi fungsi host dan fungsi media Interface jaringan yang dapat diayani oleh PCMCIA, dapat melayani media wireline maupun wireless seperti fungsi untuk Ethernet card, modem, wireless card.

· USB
Dukungan antarmuka lainnya dari komputer personal yang saat ini dimanfaatkan penempatan kartu jaringan adalah terminal USB. Saat ini pemanfaatan terminal USB didominasi oleh media wireless, dengan perangkatnya dikenal dengan Wireless USB.



 · ROUTER
Router adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan host pada jaringan yang berlainan. Fungsi utamanya adalah melakukan IP Forwarding, yaitu proses meneruskan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang menjadi tujuan paket data, sehingga apabila dilihat dari model referensi, perangkat jaringan komputer ini bekerja pada lapisan network.





· 


REPEATER
Repeater adalah perangkat jaringan komputer yang bekerja pada lapisan fisik model referensi. Perangkat ini merupakan pelengkap dari fungsi kerja media jaringan, yaitu untuk mengatasi keterbatasan daya pancar dari media tersebut. Perangkat ini ditempatkan di tengah media pada saat daya pancarnya melemah, Dengan penggunaan perangkat ini, maka kekuatan sinyal yang diterima oleh repeater akan dikuatkan kembali, sehingga output dari repeater akan memancarkan sinyal dengan daya pancar kurang lebih sama seperti dengan yang dipancarkan oleh host pengirim, bahkan dapat lebih besar. Repeater ini dikenal juga dengan sebutan power amplifier.

Comments

Popular posts from this blog

DATABASE : Perbedaan Type Data VARCHAR dan TEXT

Menjelang UAS Database Semester 5 .. Type data dalam database, apa perbedaan type data VARCHAR dan TEXT dalam database Penggunaan type data sebenarnya bebas tergantung kebutuhan, tapi tetap pengetahuan harus jadi pedoman. Siapapun yang membuat aplikasi, pasti ingin aplikasi nya berjaya dalam waktu yang lama. Dalam menggunakan database, pastikan kita membuat type data yang sesuai, benar-benar sesuai. Tujuan nya supaya penggunaan memory pada server sesuai dengan keadaan sebenarnya, alias balance agar tidak terlalu boros memory dan lebih ringan. Jadi, perbedaan varchar dan text, terletak pada memory yang di gunakan. Misalnya kita membuat sebuah tabel, salah satu entitasnya memiliki type data varchar(25) . 25 adalah batasan panjang atau banyaknya karakter dalam value Kemudian kita meng-inputkan data dengan panjang kurang dari 25, misalnya 7. Maka data yang di simpan ke database adalah hanya 7. Berbeda dengan text, jika kita punya entitas dengan type data tex

PERBEDAAN ETIKA, MORAL, DAN HUKUM

ETIKA Menurut para ahli maka  etika  tidak lain adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Perkataan  etika   atau lazim juga disebut etik, berasal dari kata Yunani ETHOS yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik. Menurut saya etika adalah ukuran dari sebuah tingkah laku seorang individu yang berlaku di masyarakat, yang biasa digunakan dalam pergaulan dan menunjukan hal-hal atau perilaku yang baik dalam pergaulan tersebut. MORAL Moral adalah nilai yang berlaku sehingga menimbulkan baik dan buruk suatu tindakan dengan tidak merugikan orang lain berdasarkan nurani diri. Nilai moral dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu ajaran agama, adat istiadat dan ideologi. Menurut saya moral adalah suatu hal baik atau nilai positif yang ada dalam diri tiap individu yang mendasari sebuah perilaku di masyarakat. HUKUM Hukum adalah peratura

KOKIA - Arigatou (Terjemahan Translate Indonesia)

  KOKIA - Arigatou (KOKIA - Terima kasih) Daremo ga kizukanu uchi ni  (semua orang kehilangan sesuatu) Nanika wo ushinatte iru  (sebelum mereka menyadarinya) Futto kizukeba anata wa inai  (aku tiba-tiba menyadari bahwa kau telah pergi) Omoide dake wo nokoshite  ( hanya meninggalkan kenangan) Shiawase toki no naka kotoba wo ushinatta  (di tengah kebahagiaan, kita kehilangan kata-kata) Ningyoutachi no you ni  (seperti sebuah boneka) Machikado ni afureta noraneko no you ni  (seperti kucing hilang di ujung jalan) Koe ni naranai sakebi ga kikoete kuru (aku mendengar jeritan bisu) Moshimo mou ichido anata ni aeru nara  (jika aku bisa melihatmu sekali lagi) Tatta hitokoto tsutaetai arigatou, arigatou  (aku hanya ingin mengatakan satu kata terima kasih, terima kasih) Toki ni wa kizu tsukeattemo  (bahkan jika suatu saat aku terluka) Anata wo kanjite itai  (aku ingin tetap merasakan dirimu) Omoide wa semete mono nagusame  (setidaknya aku punya kenangan unt